KESENIAN JARANAN CAMPURSARI SURYO KRIDO BUDOYO

Bangsa Indonesia  merupakan bangsa yang besar dengan berbagai keunikan dan keragaman suku, agama, budaya, menjadikan bangsa ini semakin terkenal akan pluralismenya. Tak bias dipungkiri bahwasanya bangsa ini memiliki asset besar yang selaku kebanggaan masyarakat. Salah satunya adanya keragaman budaya kesenian tradisional yang lebih budaya kita menjadi Nikon bagi bangsa tertentu. Salah satu kebudayaan yang sangat terkenal adalah jaranan.

Kesenian jaranan kini juga ,menjadi ikon dari kiesenian yang bearsal dari pulau jawa tengah. Seiring sebuah keinginan yang bear dan mulya yakni sesuai dengan anggaran dasar dari pagutuban yang mengamanahkan suatu nilai keharusan yang berwujud yakni ikut membangun dan membesarkan daerah ini melalui potensi wisata budaya. Kebudayaan jaranan adalah milik kita semua, untuk menguatkan identitas bangsa yang memiliki budatya kesenian tradisional yang kental.

Di Kelurahan bago kecamatan tulungagung kabupaten tulungagung terdapat kesenian jaranan campursari  yang bernama “SURYO KRIDO BUDOYO”  yang berdiri sejak tahun 2020 yang dipimpin Oleh Bapak RONI SUTOMO. Kesenian jaranan campursari “SURYO KRIDO BUDOYO” Beralamat di JL. IG. Ngurah Rai RT.001 RW. 001 Kelurahan Bago Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung. Tujuan pendirian jaranan campursari untuk melestarikan budaya daerah jawa sebagai pertanggung jawaban terhadap nilai-nilai budaya agar terhindar darui unsur kepunahan yang menjadi warisan leluhur

Tinggalkan Komentar